Sabtu, 12 Januari 2013

Juklak Pesta Siaga Kwartir Cabang Banjarnegara 2013

PETUNJUK PELAKSANAAN
PESTA SIAGA CABANG
GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG BANJARNEGARA
TAHUN 2013
1.      PENDAHULUAN
Pendidikan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka merupakan pendidikan non formal, yaitu pendidikan yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan keluarga dan di luar lingkungan pendidikan sekolah.
Selanjutnya, pendidikan kepramukaan itu merupakan penunjang bagi pendidikan di sekolah maupun dalam lingkungan keluarga antara lain mengenai disiplin, keterampilan, persaudaraan, bakti terhadap masyarakat dan pembentukan watak.
Gerakan Pramuka dalam melaksanakan kegiatannya menggunakan metode pendidikan yaitu Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan (PDK & MK), yang penerapannya disesuaikan dengan keadaan dan khususnya perkembangan anak, pemuda, keluarga, di dalam bermarsyarakat.
Sebagai wadah pendidikan non formal di lingkungan ke tiga, wajib mengarahkan dan mengatur semua tindakan dan langkahnya sesuai dengan tujuan pendidikan dan sasaran Gerakan Pramuka, sehingga usaha tersebut merupakan proses pendidikan yang meningkat dan berkesinambungan:
Dalam usaha dimaksud salah satu di antaranya adalah kegiatan Pesta Siaga untuk melatih disiplin, patuh, tenggang rasa, tanggung jawab, kesadaran berbangsa dan bernegara, jiwa nasionalisme dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan didukung oleh ketahanan jasmani dan rokhani.
Agar kegiatan Pesta Siaga tersebut berfungsi secara tepat guna dan berdaya guna, diperlukan pengaturahn sesuai dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, dilaksanakan sesuai dengan kepentingan, kebutuhan situasi dan kondisi masyarakat.
Agar kegiatan peserta didik khususnya Pesta Siaga dapat mencapai sasaran dan tujuan secara berdaya guna sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, maka telah diupayakan penyesuaian standar pelaksanaan Pesta Siaga di tingkat Kwartir Cabag  dengan Standar Kompetensi Dasar Pesta Siaga yang telah ditetapkan oleh Kwartir Daerah. Penyelenggaraan Pesta Siaga Cabang secara bertahap materinya mengalami peningkatan dari sisi kualitas. Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan peserta yang handal dan berkualitas dalam rangka pengiriman kontongen Pesta Siaga ke tingkat Binwil Banyumas maupun Persari di tingkat Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah.
Selanjutnya petunjuk pelaksanaan Pesta Siaga Cabang ini untuk dijadikan pedoman pada kegiatan sejenis di tingkat Kwartir Ranting.
Selanjutnya baca di SOKANSA BLOG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MILAD DKR Banjarnega tahun 2017

Poster Milad DKR Banjarnegara 2017 Assalamu'alaikum wr.wb Salam Pramuka !!! Tahun 2017 Dewan Kerja Ranting Banjarnegara memriahkan...